Heaven?

September 26, 2011

This evening I have interesting conversation with Mr. P and I keep thinking about it until now.

Do you believe in heaven?

I was surprise with my own answer, until I was asked about it. I don’t believe there’s heaven and hell. I do believe Moksa concept, when in the very very end, we’ll unite again with our Creator. But I’m not sure we’ll arrive in one of heaven or hell. I don’t know why, but I think this concept is not match with my belief of the afterlife.

First, I do believe in reincarnation. So if I’m doing good in this life, I’ll reincarnate again into a better person in my next life. I believe I’ll keep doing this process until I have no more bad things in my life, then unite with Him, to get Moksa. If I can go to heaven after I die, or hell, I don’t know when I’ll be able to reach Moksa.

Second, I don’t know where’s the limit, or the specification, of good people who will go to heaven and bad people who will go to hell. What I believe, this world will always be in balance. There’s good and bad, live and death, natal and mortal, etc. So, I just can’t get how our attitude will be calculated after we die, to decide where we should go. Maybe there’s the calculation in other religion than mine, I don’t know either. But if we only do the good things hoping for the reward from Him, is it still count as a good thing?

In my opinion, the reward is not coming from Him. I do believe in Karma, action and reaction, so what we get now, is the result of what we’ve done in the past time. Being a good people, doing good things, is never wrong, because that is what we’ll get in the future, the effect of our actions. If we do the good things only hope for the reward, I think it’s still count as dishonesty.

Okay, this is my thoughts, and my belief about the afterlife. I’m sure that there are a lot of other opinions than this and we will never know what will happen until the time is. So let’s prepare ourselves and soul with good things and honesty 🙂

Advertisements

Manny

August 7, 2011

Heeey, I finally finished watching Manny. After postponed and replaced by The Greatest Love, I watched all the episodes this afternoon. And, what’s so good about this drama?

taken from http://blogmedia.dramafever.com

Manny, Male Nanny

First, the storyline. It’s about family! About single mom who employ a Manny (male nanny) to watch her kids (& herself too :P) it’s lightly told and funny. 😀
Second, the cast. nice mom, cute kids, playboy-smirk manny, fashionable sister, and alsooooooo.. lots of six-packed models. mhuahahaha. 😛
Third. I don’t know the ending! Although my guess is correct, but I was still hoping and worrying until last episode. hahaha.

This drama is like hot chamomile tea in Sunday afternoon. relaxing. worth to watch in your spare time! 😀

Aku Melihat Pelangi

August 5, 2011

Mama, hariku sungguh melelahkan.

Hari ini aku menorehkan luka,
pada hatiku, hatinya.

Hari ini aku diuji,
tentang kesabaran, keikhlasan.

Hari ini aku didera badai,
gelombang datang tanpa permisi.

Tapi, hari ini juga,
hingga pada titik aku hanya ingin berbalik
menyerah dan menangis,
Tuhan tunjukkan jalan-Nya.

Hanya dengan tiga kata dan usapan lembut di kepala
aku sadar,
bahwa tak ada kebaikan yang sia-sia.
Bahwa hanya ketika hujan, ku dapat melihat pelangi.

Sungguh, walau ini lelah, tapi pelangi itu indah. :’)

Diam Itu Emas

April 5, 2011

Pada hari raya Nyepi kemarin, saya puasa bicara. Sebelumnya saya juga pernah puasa bicara, tapi dulu ketika Nyepi di kost, dan memang tidak keluar kamar selama satu hari penuh jadi tidak ada orang yang diajak bicara. Tapi kali ini saya melakukannya di rumah, dan ternyata itu tidak mudah.

Walaupun sebelumnya saya sudah pasang pengumuman akan puasa bicara, tapi tetap saja semua orang mengajak bicara. Padahal saya juga sudah heboh berbahasa isyarat bahwa saya tidak bisa bicara pada hari itu. Saya manusia di antara manusia-manusia sebagai makhluk sosial. Kita diberikan kemampuan berkomunikasi dengan sesama. Buat saya, berbicara seolah bernafas, sesuatu yang saya lakukan tanpa sadar. Tapi nafas bisa ditahan, seharusnya saya juga bisa menahan diri untuk tidak bicara bukan?

Biasanya, ketika ada orang bertanya saya akan menjawab dengan sigap. Walau kadang hanya mengeluarkan komentar asal, atau bergumam tidak jelas, tapi saya akan langsung bersuara. Tapi kali ini saya belajar untuk diam sejenak, dan berpikir. Ternyata, setelah diendapkan di otak agak lama, bisa muncul jawaban-jawaban lain di otak saya, yang benar-benar berbeda dengan respon yang saya pikirkan di awal. Mungkin saya lebih sering lupa untuk berpikir sebelum berkata dan berbuat, sehingga saya sering menyesali apa yang sudah saya lontarkan.

Kesigapan saya dalam menjawab juga terkadang bisa membuat orang lain jengkel. Karena terkadang selain lupa berpikir, saya juga lupa berperasaan. Saya adalah orang yang mudah marah jika dipancing dengan kata-kata, dan dengan puasa bicara, saya belajar untuk lebih sabar. Tidak semua hal perlu saya utarakan, dan mungkin ada kata-kata cerdas dan tidak terlalu menyakitkan untuk diucapkan. Dan seharusnya saya juga tidak boleh cepat tersinggung dengan kata-kata hanya karena interpretasi saya yang berbeda terhadap perkataan orang lain. Saya memiliki suara yang berat, sudah seharusnya saya menghindari nada-nada tinggi dalam ucapan saya.

Lalu, setelah saya berpikir dan berperasaan, bolehkah saya berbicara? Belum tentu. Seringkali saya jadi orang yang sok tau karena merasa benar. Tetapi walau jawaban saya benar sekalipun, kalau tidak ada yang bertanya kepada saya, buat apa menjawab? Saya benci orang yang suka menyerobot, dan tanpa disadari selama ini saya seringkali menyerobot pertanyaan orang lain. Saya terlalu sering bicara, sehingga saya lupa untuk mendengarkan. Kalau semua orang bicara, siapa yang akan mendengar?

Sepertinya diam itu memang benar-benar seperti emas, begitu berharga. Jadi wahai otak, telinga, dan hati, bekerjasamalah! Tolong tahan si mulut ini untuk berbicara terlalu banyak di kemudian hari 🙂

2011 Master Plan.

January 1, 2011

Desember oh Desember, kenapa engkau begitu kelabu. Kerjaan numpuk, tapi sehari masih dua puluh empat jam aja. Biar tabah semangat, mari kita buat rekapan tahunan saja 😀
Menilik daftar tahun lalu (yang sejujurnya jarang dibaca sepanjang tahun :P)
1. Menjahit.
Errr. Pelajaran pola sih udah. Tapi hanya sampai di situ saja. Hahahaha. Belum ada yang terjahit lagi selain kotak tissue kemarin. Karena jam kerja padat makanya gak bisa nerusin les. Tapi lumayan, sepanjang tahun saya tetep berkarya kok. Buktinya ada si amigurumi lucu, MEJK LABL and MEJK P.
2. Masak
Ini juga belom nambah. Cuma nambah pancake dan bruschetta. Chiffon cake dan brownies gak bisa diitung karena cuma nyampur tepung jadi doang. Hehe. Masih ingin, dan masih akan terus menambah vocabulary dapur.
3. Fotografi
Well, kesempatan motret cuma ada ketika site visit. Dan yang difoto adalah tulangan beton, pondasi, cut and fill, galian balancing tank. Dan entah kenapa selama ini makin males bawa kamera ke mana-mana  bisa dibilang yang satu ini memang gagal total. Taun depan ganti arah : How to take a picture of problem. Karena terkada saya merasa foto-foto saya kurang informative T___T
4. Bahasa Inggris
Latihannya cuma sebatas kirim email atau meeting sama klien. Ditambah English Day beberapa kali. Gak signifikan. Taun depan coba bahasa lain aja mungkin : Jepang.
5. Nyetir
Nah, ini menambah kegagalan tahun ini. Gak usah dibahas lagi deh. Yang tambah gape malah bawa motor di tengah kemacetan imam bonjol. Hahahahaha.
6. Work
Thanks God. Karena nampaknya ini yang paling sukses. Haha. Pindah ke ESA dan belajar sambil bekerja benar-benar membuka wawasan saya. Walaupun kerjaan menumpuk tapi luar biasa rasanya melihat pengetahuan yang saya dapat. Two projects is under construction and one is on progress. 
7. Sayembara.
Hahaha, akhirnya berhasil untuk ikut satu sayembara. Terima kasih EYD team! 😀
8. Fun
Sejauh ini hanya menambah vocab ketika kumpul bocah. Atau kalau lagi ada kunjungan wisata dari teman2 se Indonesia Raya. Travellingnya memang gak bisa tahun ini. Tapi tahun depan nampaknya saya akan cukup mobile. 😀
9. Body
Waks, lingkar pinggang gak tambah kecil dan angka timbangan juga segitu2 aja. Tapi tetap harus bersyukur karena sepanjang tahun ini saya gak banyak sakit. Walaupun rekor sehat 2010 harus tumbang gara2 demam kemarin, tapi masih bisa simpen uang asuransi buat medical check up. Mhuahahahaha.

Oke, lanjut ke resolusinya sekarang.

1. Berkarya dan berkarya. Tahun ini beneran harus bisa publish lebih banyak karya. Rajutan, jahitan, juga karya arsitektur.
2. Having a collection. Pengen mulai mengkoleksi sesuatu. Belom kepikiran sih mau koleksi apa. Ada yang mau kasih ide?? 😀
3. Daftar kursus bahasa asing. Gak berangkat2 karena gak ada temennya. Padahal harusnya di sana dapet temen2 baru ya?
4. Gaining design vocab. Selama ini kalo meeting selalu terkagum2 sama vocabnya Pak Putu soal design. Mungkin gak ada sudut Bali yang belom pernah ditengok beliau. Sementara gw? Hahahahhaa. This year, baby. This year.
5. Melahap buku-buku yang ada di kantor. Selama ini selalu baru buka buku kalo lagi nyari ide, jadi gak pernah dibaca dengan serius. Padahal mungkin ilmunya malah ada di sana. Jadi sembari ada perpustakaan gratis… yuk mari.
6. Decorating my penthouse. Hahaha, gaya banget pent house. Tapi beneran ini memang harus mulai ditata ulang kamarnya. Piece by piece, step by step, harus ada perubahan yang bermakna.
7. Invest, or do something with my money. Selama ini hanya menabung dengan pasif, tapi sekarang ingin mulai belajar mengambil resiko (dan mendapat hasil dooong :D)
8. Berpikir sebelum makan. Dunia ini sudah semakin kejam, jadi kalau mau hidup dengan umur panjang mungkin harus mulai memilih makanan yang tepat buat dimakan. Karena selama ini cuma hap,hap,hap aja. Hahaha.
9. Again. Resolusi taun lalu yang masih gagal. Nyetir! Kalo gagal lagi harus dihukum nih. Beneran.
10. Perform. Ihiy, udah kangen sama yang namanya panggung. Tapi bingung juga apa yang mau di perform. Hahahaha. Begitu ada kesempatan harus langsung diambil nih. I miss that spotlight!!
11. Yeee, berhubung 2011 jadi resolusinya harus 11. Tapi yang terakhir ini lebih kepada wish, bukan resolusi. Pacar. Mhuahahahahahahahahahahaha. Puas deh ketawanya padaaaaaa..

Okay, segitu aja kayanya. Semoga tahun ini lebih baik dari kemarin. Semoga semua resolusinya bisa tercapai. Wish you all a happy and healthy 2011!!!!

dunia bernama maya.

March 6, 2010

gw gak bisa ngatur layar perahu gw!!!

ingin ini ingin itu banyak sekali.
tapi ya gitu. gak ada yang difokusin.
semua masih blur, samar-samar.
gw mandekdekdek. di sini, di meja tulis gw ini.
dan dunia bernama maya.

tolong, tendang gw dari zona nyaman ini!
>.<

mars mellow

February 28, 2010

orang ini. orang ini yang sedari dulu menjadi inspirasi gw untuk menulis, dan ber-puitis ria.
setiap hati gw berloncatan karenanya, pasti di otak gw langsung bermunculan ide-ide menggombal. they are all come like flood. otak gw mendadak penuh kata2. apa karena tak terucapkan jadi menuh2in otak? gyahahahhaa.

ini gw bagi beberapa di antaranya. sayangnya gak banyak yg gw catet.. kebanyakan sih muncul ketika gw mau tidur, sambil dengerin lagu mellow yang jadi sontrek gw naksir, trus senyamsenyum geli sendiri. :”>

“Every romance in my life-drama based on a true story. YOU.”

“I can’t remember the details of your face. Because I can’t look at ur face more than ten seconds without blushing.”

“It is difficult to date a doctor. He knows all the unsual physical effects that occur on a first date.”
walopun buat gw sampe date kesekian juga dagdigdug. hahahahaha.

“I Love You”
eaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. ini udah korslet otaknya. bzzrttsttrtztt..

udahan ah. malu gw. hihihi.

di antara awan mendung, hujan, dan bulan purnama.
goodnight, my lovely inspiration. goodnight, bloggers.

The Copycat

February 26, 2010

pagi ini pagi yang cukup menyenangkan sebenarnya.
gw kebangun jam enam pagi trus menyadari kalo hari ini libur. jadi gw lanjutin guling2 sambil ber-gadget.
bosen main taptap revenge, gw beralih ke tweetdeck.
lagi senggang, baca ajalah semua, pikir gw.

ternyata oh ternyata…

di bagian agak bawah dari kolom friends gw, ada seseorang yang nge-tweet mirip tweet gw.
oke, kalo dipikir sambil lalu ya udalah.. tweet doang. lagian emang ada namanya Re-Tweet.
tapi yang mengena di hati gw adalah : itu buah pikiran gw, woy. lo emang gak dapet kekayaan berlimpah dengan nge-tweet kaya gitu. tapi hargai sedikit dong.
awal gw nge-tweet itu adalah ketika gw akan (ehem) nge-date. saking deg2annya, gw sampe gak bisa pasang eyeliner. pas mau pake blush on, pipi gw udah merah padam saking excitednya. jadi gw putuskan untuk gak bermake up aja, daripada dikira mau ngelenong. di tengah super excited dan supermellow itu, maka jadilah quote itu. bahwa gw gak perlu make-up buat ketemu kamu. :”>

bukan masalah besar sebenernya, tapi ini udah keduakalinya gw dicopycat soal tulisan.
yang dulu birthday wishlist gw yang dijiplak. sekarang quote gw. gw gak menuntut apa2. gw cuma heran aja. dan sedikit tersanjung mungkin, karena gw merasa jadi inspirator anda wahai copycat2 sekalian. walau kalian gak mengakui. hahahaha.

ini jadi introspeksi diri gw juga sih. mulai sekarang, kapanpun gw nge-quote perkataan orang, akan gw sebutkan sumbernya. kalau gw modifikasi, akan gw sebutkan inspiratornya.

As Simple As I Love You.

February 23, 2010

Why do birds suddenly appear
Every time you are near?
Just like me, they long to be
Close to you.

Why do stars fall down from the sky
Every time you walk by?
Just like me, they long to be
Close to you.

On the day that you were born
The angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair of gold
And starlight in your eyes of blue.

That is why all the girls in town
Follow you all around.
Just like me, they long to be
Close to you.

On the day that you were born
The angels got together
And decided to create a dream come true
So they sprinkled moon dust in your hair of gold
And starlight in your eyes of blue.

That is why all the girls in town
Follow you all around.
Just like me, they long to be
Close to you.
Just like me (Just like me)
They long to be
Close to you.

Wahhhhhhhhhhh, close to you.
Wahhhhhhhhhhh, close to you.
Hahhhhhhhhhhh, close to you.
Lahhhhhhhhhhh, close to you.

Close To You – The Carpenters.

I don’t know.
Since the last time you left me, I keep telling myself : please, get him outta ur heart. But, I realize how it be the most difficult thing to do. I can distract my mind. Get a crush on the other guy. It’s easy. But in the end, I always get myself jump with a broadly smile when I find your name on my phone. To pull you out of my heart seems impossible to me.
It’s like I’m jumpin to eight years ago, sitting in front of the same desk, writing a poem about a same guy, but in much deeper feelings. Don’t you know, in this recent days, I often cry quietly. I don’t know where these tears come from. If I’m in love, should I supposed be happy? Something is wrong coz I can’t stop my world from crying. Maybe deep in my heart, I’m afraid. I’m afraid you’ll leave me again. I’m afraid that I’m so much in love with you so I can’t let you go. Is it wrong to be in love? If no, then why it feels so painful?

I love you. I love you. I love you. Please, love me.

Resolusi 2010

December 28, 2009

Oke. 2010 sebentar lagi. Tepatnya tiga hari lagi.
Biasanya gw bikin resolusi tahun baru ketika ulang tahun, tapi berhubung ulang tahun kemarin belom bikin, mari kita pikirkan sekarang 😀

ABILITY

Gw gak suka tergantung sama orang lain, makanya gw lebih suka mandiri. Gw termasuk orang yang ‘pengen bisa’, dan ingin menjadi ‘serba-bisa’. Jadi di tahun 2010 ini gw ingin menambah kemampuan dan kecakapan gw.
1. Menjahit.
Bakat menjahit memang sudah turun-temurun di keluarga gw. Kakek gw penjahit, uwak gw juga penjahit. Nyokap gw? Jangan ditanya. Kebaya juga doi jahit sendiri. Makanya, dibekali dengan bakat yang moga2 mengalir juga di darah gw, dan mesin jahit Singer ala Jenny Humphrey yang gak pernah disentuh sama sekali sama nyokap, gw akan mulai kursus menjahit di bulan Januari. Didorong lagi dengan harga baju selangit di pulau dewata ini, gw semakin pengen bisa jahit baju sendiri.

2. Memasak kue2 dan masakan non-tradisional.
Hehehe, ini sih udah jadi resolusi dari jaman gw smp. Hahaha, abis nyokap gak suka keju dan susu, alhasil di rumah gak pernah tersaji masakan2 yang berbahan dua benda tadi. Dan lagi, selama ini dihambat juga karena ke-absen-an oven dengan pengatur suhu yang memadai. Selama ini Cuma pake oven tangkring tanpa pengatur suhu yang udah dari jaman batu kali ya. Konon nyokap pernah beli oven buat bikin pizza. Tapi dimanakah benda itu sekarang?? Mungkin gw akan mengawali tahun dengan menginventarisir alat2 memasak nyokap dulu, baru kemudian pelajarin resepnya. Butuh target. Baiklah,akhir Maret.

3. Fotografi.
Selama ini males belajar moto karena gw lebih suka difoto. Tapi pengen juga bisa punya hasil karya yang oke punya. Apalagi gw tinggal di Bali. “Di mana segala keindahan itu berkumpul dan menjadi keseharian” target : tengah tahun.

4. Bahasa Inggris, kelas conversation dan TOEFL preparation.
Bleh. Ini nih. Heran kenapa gw dulu ditarik ke Tim Debat Bahasa Inggris waktu SMA. Gw curiga jangan2 dulu setiap latian gw yang paling oon dan gak ada orang yang berani bilang ke gw?. Maafkan saya ya teman-teman TNDS, kemampuan bahasa Inggris gw entah kemana. Makanya, demi mensukseskan proses peraihan beasiswa ke luar negri, gw teramat sangat ingin lancar berbicara dengan bahasa Inggris. Aha, mungkin bisa dimulai dengan nonton film tanpa subtitle? Great. Les bahasa inggris? Setelah april deh. 😀

5. Nyetir! Omg.
SIM A gw habis tahun 2011!! Dan gw belom pernah nyetir dengan mulus sekalipun. Hahahaha, apa-apaan ini.. pokoknya tahun ini gw bener2 pengen bisa nyetir! Selama ini gw berasa gak punya kaki kalo mau kemana2 dengan transportasi umum kota Denpasar.. target : black tiger on May!

WORK

Hmm, bingung pengen apa di work. Seenggaknya gw pengen kerja serius selama tahun 2010 ini. Walaupun bekerja dengan ayah sendiri banyak problemnya, tapi gw harus tahan. Semua butuh proses, dan gw harap proses ini akan berjalan kea rah yang menyenangkan. Biar semangat, mungkin akan gw kaitkan dengan rencana travelling ke Thailand, jadi gw harus udah bisa nabung mulai tahun ini. Oh iya, gw juga ingin daftar sertifikasi IAI.

Gw juga ingin ikut sayembara di tahun ini. Gak harus menang. Tapi gw hanya ingin berpartisipasi dalam sebuah sayembara. Memang butuh kompor buat nyalain semangat bersaing gw!

Dannn, gw pengen mulai menyiapkan segala sesuatu untuk mendaftar beasiswa. Terima kasih untuk Danica Anastasia yang sudah menggugah minat saya untuk berperang meraih beasiswa. London, tunggu aku.

FUN

Yeah, yeah, yeah. Setelah bagian banting tulang cari duit, ini adalah bagian “cara menghabiskan”nya. Hahahah.
1. Never Ending Thailand.
Sebenernya ini masuk dalam my-lifetime-wish bersama dengan new beetle, London, dan rumah di Ubud. Hehehe.. semoga bisa terkabul di tahun ini. Ada yang ingin ikut jugaa??

2. Berwisata ke manapun selain Bali. Hahaha.
Sebenarnya agak2 menyesal sewaktu di Bandung gak memanfaatkan kesempatan. Sekarang mau kemana2 jadi tambah ongkosnya karena Bali jauh book!!!
Yuk ah, semoga tabungannya cukup. Tinggal orang2nya aja nih.

3. Menambah vocabulary pariwisata gw di Bali. Coba beri masukan, dan akan saya coba!

4. DVDplayer di kamar.

Sebenarnya udah bisa kebeli dari sekarang, tapi rasanya kurang bijak kalau menghabiskan uang tabungan tanpa tahu kapan bisa menabung lagi. Jadi segera setelah gaji pertama, gw bakal santroni itu toko elektronik 😀

BODY

Ahay.. apaan nih, body. Sedikit memalukan, tapi entah mengapa gw pengen banget punya lingkar pinggang di bawah 65 cm. hahahahahha.. resolusi yang cukup aneh dalam list ini tapi gakpapa lah ya. Semoga berhasil dengan :


  • 1. Sit-up 25 kali seminggu. Selama ini selalu gak komplit 7 hari. Selalu ada yang bolong T_T
    2. Berenang tiap minggu, seperti yang sudah dijalankan.
    3. Lari. Oh, I love running. Mulai tahun depan gw akan kembali lari di lapangan Renon. Track jogging di kompleks rumah membuat gw manja. Baru sebentar udah nyari rute pulang. Misi tersembunyi : apalagi kalo bukan celingak-celinguk nyari pria tampan berbodi atletis yang lagi olahraga?? Huahahahahahahahha.

    Udah. Udah segitu aja resolusinya. Sebenernya masih banyak yang dipengenin. Pengen punya temen, pengen punya pacar. Uuupsss.. 😛 tapi kalo itu masih belum tau gimana nargetinnya. Jadi sementara cuma berdoa dan berusaha aja 🙂 HAPPY NEW YEAR EVERYBODEEEHHH!!!